Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) - Bank Cara: Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Friday, August 18, 2017

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)
Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Nirwala (SKBN)

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) - Bagi calon pegawai atau pelamar kerja, surat keterangan bebas Narkoba yang disingkat SKBN menjadi salahsatu berkas yang sangat penting, apalagi bagi yang ingin melamar di instansi negeri. Tidak hanya bagi pelamar kerja, ternyata sebagian perguruan tinggi menjadikan surat keterangan bebas Narkoba sebagai salahsatu persyaratan wajib ketika daftar.

Banyak yang bertanya kepada saya, apa bisa membuat SKBN di puskesmas? Lalu bagaimana cara Membuat surat keteran Bebas Narkoba di Puskesmas? Apakah bisa membuat SKBN di RSUD?

Jangan khawatir, pada artikel ini saya akan memberikan penjelasan prosedur cara membuat atau mengurus surat keterangan bebas Narkoba, mulai dari tempat pembuatan SKBN, berkas yang harus disiapkan dan langkah-langkah pembuatannya.

Di mana SKBN bisa didapatkan?


SKBN dapat dibuat Rumah Sakit (RSUD, Puskesmas, atau RS swasta), BNN pusat (Badan Narkoba  Nasional) yang beralamat di Jl. M.T. Haryono No. 11 Cawang, Jakarta Timur dan di Kantor kepolisian setempat, yang mempunyai fasilitas tes uji Narkoba .

Baca Juga: Cara Cek Status E-KTP Secara Online

Bagi teman-teman yang hendak membuat SKBN di RSUD, Puskesmas, RS atau kantor kepolisian sebaiknya bertanya dulu sebelum membuat, karena tidak semua tempat tersebut menyediakan pelayanan uji Narkoba . Biasanya pengurusan surat keterangan bebas Narkoba terdapat di kantor kepolisian tingkat Polres dan Rumah Sakit tertentu.

Update, pada tahun 2018 semua puskesmas di Jabodetabek dapat melakukan tes urin untuk SKBN, jadi sobat dapat dengan mudah membuat Surat Keterranagn Bebas Narkoba (SKBN) di Puskesmas.

Berkas apa saja yang harus disiapkan?


Untuk berkas yang harus disiapkan sebagai berikut:
1. Pas photo 4x6 3 lembar, latar belakang sesuai tanggal lahir
2. KTP asli
3. Photo Copy KTP 2 lembar

Bagaimana prosedur mengurus SKBN?


Untuk prosedur pengurusan surat keterangan bebas Narkoba bisa lihat langkah-langkah berikut (ulasan ini relatif bergantung pada kebijakan masing-masing daerah atau pperubahan kebijakan nasional). Kurang lebih langkah-lngkahnya sebagai berikut:

Langkah Pertama
Siapkan pas foto ukuran 4 x 6 berwarna (latar foto disesuaikan dengan tanggal lahir) sebanyak 2 lembar. KTP asli dan photo copy sebanyak 2 lembar

Langkah Kedua
Kemudian anda akan diminta sampel air seni Anda, kira-kira ukuran 1,5 - 3 mililiter dalam sebuah wadah kecil yang akan diperiksa oleh dokter.

Langkah Ketiga
Kemudian dokter akan memberikan Anda sebuah alat yang berisi 6 butir indikator, yaitu indikator AMP, BZO, COC, MET, MOP, dan THC. Dalam indikator tersebut terdahap 2 garis putih sebagai alat pembatas apakah Anda terbebas Narkoba atau tidak. Jika pada saat alat tersebut dicelupkan dalam air seni Anda dan semua indikator menunjukkan angka 2 (garis kedua terlampaui), maka Anda dinyatakan negatif Narkoba (tidak mengandung Narkoba ). Namun, jika indikatornya hanya terlampaui 1 garis saja, maka Anda dinyatakan positif Narkoba (mengandung Narkoba , terjangkit). Tapi biasanya hal ini dilakukan oleh Dokter sendiri.

Langkah Keempat
Setelah selesai uji Narkobanya, kemudian petugas akan mengetik hasil lab Anda dalam bentuksurat yang dinamakan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN).

Langkah Kelima
Identitas yang tertera akan disesuaikan dengan KTP asli Anda, dan alasan tujuan dari pengurusan SKBN Anda, misal untuk melamar kerja atau pegawai negeri, atau mendaftar kuliah dan lainnya.

Langkah Keenam
Setelah selesai, anda akan menerima printout SKBN yang telah diberi cap dan tanda tangan petugas. Bila perlu Anda bisa mengcopy untuk dilegalisir oleh petugas. Anda akan melakukan pembayaran tes uji Narkoba sekitar Rp. 120.000,- (harga relatif tergantung tempat dan kebijakan, terakhir saya baya Rp 120.000).

Baca Juga: Cara Membuat Surat Keterangan Tidak Mampu

Bagaimana Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) mudah bukan? Kalau kita tahu dan paham prosedurnya pasti kita tidak akan merasa kesulitan. Nah itu saja untuk artikel Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat SKBN atau Cara Membuat Surat keterangan Bebas Narkoba, semoga dengan membaca artikel mengenai SKBN ini dapat bermanfaat bagi sobat, jangan lup a untuk bertanya.

31 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan konten artikel

Tks gan, infonya sangat berguna

Nanya gan untuk pas poto maksudnya warna latar belakng sesuai tgl lahir itu gmna

saya bikin di kapolres bandung

jadi ginigan untuk yang tahun kelahirannya ganjil seperti 1999 jadi warna background fotonya merah, klo tahun kelahirannya genap, warna backgroundnnya biru.. gitu gan

Misal ,kalo ktp solo ,
bikin skbn diluar solo ,
bisa ga?
atau harus sesuai ktp??

mau tanya gan , jangka waktu pembuatan skbnnya berapa hari atau hanya berselnag berapa jam ?

hanya berselang berapa jam (bisa ditunggu) ?

iya kak cuma nunggu beberapa menit, sehari langsung jadi...

Bisa mas, asal ada surat pengantar dari Kelurahan? Tapi dibeberapa tempat tidak bisa

Harus ada surat pngatar dr klurahan ya?berarti mnta ke RT dlu donk untuk pengatar kekelurahanya?klo di RSfatmawati bsa kn ya?

sangat bermanfaat mas... tks a lot

latar sesuai tanggal lahir gimana bang? Gapaham

Di atas sdh di jelaskan tentang latar sesuai tanggal lahir. :(

jadii untuk yang tahun kelahirannya ganjil seperti 1999 warna background fotonya merah, klo tahun kelahirannya genap, warna backgroundnnya biru.. gitu gan

Bikinnya di polres cibabat ya, bkan di rumah sakit umum cibabat?

di rumaah sakit juga bisa mas

This comment has been removed by the author.

jikalau hasilnya positif menggunakan narkoba, akan kah di proses hukum?

Masa berlaku SKBN itu sama juga gak seperti masa berlakunya SKCK? Atau berjangka waktu berbeda atau lebih lama dibanding SKCK?

Yang perlu di ketahui, masa berlaku SKCK itu hanya 3 bulan untuk SKCK yang dikeluarkan oleh Polsek, dan 6 bulan untuk SKCK yang dikeluarkan oleh instansi Kepolisian di tingkat lebih tinggi. Dalam hal prosedur dan tata cara perpanjangan SKCK yang sudah kadaluarsa atau belum, sebenarnya tidak ada bedanya.

Berarti bisa bikin diluar domisili ya?

Jadi kesimpulannya SKBN itu ada jangka waktunya?

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *