Cara Membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) - Bank Cara: Cara Membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Saturday, August 19, 2017

Cara Membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Cara Membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
Cara Membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
Cara Membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) - Surat keterangan tidak mampu atau biasa disebut SKTM adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak Kelurahan atau Desa yang diperuntukan bagi keluarga yang kurang mampu dalam masalah finansial demi mendapatkan kemudahan dalam berbagai layanan pemerintah baik di bidang sosial, kesehatan, perekonomian dan pendidikan.

Sebelum hadirnya program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), fungsi dari SKTM bagi warga tidak mampu yaitu sebagai media untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan secara gratis  atau mendapatkan peringanan biaya di Rumah Sakit terdekat.

Sekarang SKTM juga menjadi salah satu persyaratan yang diwajibkan bagi siswa/mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa pendidikan baik di ranah pemerintah atau swasta. Seperti Bidik Misi, yang mewajibkan calon mahasiswa mempunyai surat keterangan tidak mampu untuk dapat mengajukan beasiswa.

Dan bagi keluarga kurang mampu bisa membuat surat keterangan tidak mampu guna untuk mendapatkan keringanan biaya dalam pelayanan sosial, tidak usah malu-malu. Meskipun sudah banyak masyarakat tahu bagaimana prosedur pembuatan SKTM atau surat keterangan tidak mampu, di sini saya akan berbagi bagaimana prosedur pembuatan surat keterangan tidak mampu dari nol sampai selesai, karena masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui caranya.

Apa syarat utama membuat SKTM?


Surat keterangan tidak mampu atau SKTM diperuntukan bagi keluarga yang kurang mampu, jadi syarat utama membuat SKTM adalah berasal dari golongan kurang mampu, dan bila anda merasa masih mampu dalam masalah ekonomi jangan coba-coba membuat SKTM ini, bisa-bisa anda ditendang di kantor desa, hehe.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah alamat kependudukan, alamat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus sesuai dengan domisili anda.

Apa saja yang harus disiapkan untuk membuat SKTM?


Sebelum membuat surat keterangan tidak mampu atau SKTM anda wajib mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, di antaranya:

1. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopy
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotocopy
3. Surat pernyataan tidak mampu dari RT dan RW
4. Surat pengantar dari RT dan RW
5. Materai 6000

Khusus untuk siswa atau calon mahasiswa yang hendak membuat SKTM untuk keperluan pengajuan beasiswa, disarankan untuk membawa fotocopy KTP orang tua.

Di mana SKTM dapat dibuat?


SKTM atau surat keterangan tidak mampu hanya bisa dikelurkan di desa atau kelurahan setempat, jadi SKTM tidak bisa dibuat di tempat lain. Dengan jalur pengurusan melalui ketua RT kemudian RW dan terakhir kelurahan.

Bagaimana prosedur mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)?


Untuk prosedur pengurusan surat keterangan tidak mampu atau SKTM bisa anda lihat di bawah ini, berikut adalah langkah-langkah pengurusan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM):

Langkah Pertama
Datang ke ketua RT setempat dengan membawa dokumen yang telah disiapkan. Kemudian bilang ke RT nya, Saya ingin membuat SKTM..

Langkah Kedua
RT akan meminta anda untuk mengisi informasi yang dibutuhkan, seperti nama, alamat, no KK, no NIK dan alasan membuat SKTM. RT akan segera menyiapkan surat pernyataan dan surat pengantar. Surat pernyataan adalah surat kesaksian anda bahwa anda memang benar benar berasal dari keluarga tidak mampu, surat pernyataan ditandatangani oleh pengaju dan RT. Kemudian anda akan diberi surat pengantar yang telah ditandatangani dan diberi stempel RT.

Langkah Ketiga
Setelah selesai di RT, sekarang anda pergi ke ketua RW di tempat anda, dengan membawa berkas dan dua surat yang didapat di RT tadi (surat pengantar dan surat pernyataan). Di langkah ini anda minta ke RW nya untuk menandatangani surat pengantar dan surat pernyataan yang didapat dari RT tadi.

Langkah Keempat
Setelah mendapatkan surat pernyataan dan surat pengantar yang sudah dibubuhi cap dan tanda tangan RT-RW sekarang anda tinggal menuju ke tempat terakhir, yaitu kantor Kelurahan atau Kantor desa.

Seperti biasa ambil nomer antrean, kalo sudah dipanggil baru maju kemudian bilang ke pegawainya ingin membuat surat keterangan tidak mampu. Kemudian serahkan surat pengantar dan surat pernyataan tadi. Setelah disetujui, anda akan diminta menyerahkan dokumen yang disiapkan tadi (KK dan KTP ).

Surat Keterangan Tidak Mampu anda akan segera diproses, anda tinggal menunggu sampai surat selesai dibuatkan. Setelah surat keterangan tidak mampu selesai dibuat, surat pernyataan tadi akan disimpan di kantor kelurahan, dan anda hanya akan mendapatkan fotocopynya. Sampai sini anda sudah selesai membuat surat keterangan tidak mampu.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Tambahan
Pengurusan surat keterangan tidak mampu atau SKTM ini 100% gratis tanpa dipungut biaya apapun, hanya saja di tempat saya ketika di RT/RW dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5000 untuk biaya fotocopy dan lain-lain. Mungkin hal ini tidak berlaku di tempat lain, sesuai kebijakan pemerintah setempat. Tapi apabila di bagian Kelurahan atau Desa meminta anda untuk membayar maka anda bisa melaporkannya, karena pelayanan masyarakat di kantor kelurahan atau desa 100% gratis.

Itulah cara membuat surat keterangan tidak mampu atau SKTM. Mudah bukan? Kalau kita tahu dan paham prosedunya, pasti kita tidak akan merasa kesulitan. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat bagi temen-temen semua, yang ingin membuat surat keterangan tidak mampu.

Jangan lupa apabila ada yang tidak dimengerti, bisa ditanyakan dikomentar, insya allah saya akan merespon secepat mungkin. Terimakasih

58 Komentar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *