Perbedaan Antara UMP, UMK dan UMR - Bank Cara: Perbedaan Antara UMP, UMK dan UMR

Wednesday, July 18, 2018

Perbedaan Antara UMP, UMK dan UMR

Perbedaan Antara UMP, UMK dan UMR
Perbedaan Antara UMP, UMK dan UMR - Bankcara.com

Perbedaan Antara UMP, UMK dan UMR - Setelah posting Daftar UMP 2018 Seluruh Indonesia, ada yang bertanya apa perbedaan antara UMP, UMK dan UMR. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa itu perbedaan antaa UMP, UMK dan UMR. Tapi sebelum kita membahas perbedaan ketiga istilah tadi, alangkah baiknya kita membahas pengertian dari UMP UMK dan UMR.

Pengertian UMP, UMK dan UMR

Bagi sobat yang sedang mencari pekerjaan mungkin akan menemukan istilah UMP, UMK atau UMR. Dikutip dari Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 7 tahun 2013, UM atau Upah Minimal adalah upah minimum yang berlaku untuk seluruh wilayah kota/kabupaten di satu provinsi.

Sedangkan UMK atau Upah Minimum Kota/Kabupaten merupakan upah minimum yang berlaku di sebuah wilayah kota/kabupaten.

Dan yang terakhir UMR atau upah minimum regional sebenarnya istilah ini sudah tidak berlaku dan tidak digunakan lagi di indonesia sejak adanya peraturan menteri yang baru, sehingga istilah yang dipakai sekarang ialah UMP (Upah Minimum Propinsi) dan UMK (Upah Minimum Kab/Kota).

Apa Perbedaan Antara UMP dan UMK ?

Lalu apa perbedaan antara UMP dan UMK? UMP ditetapkan langsung oleh gubernur , sedangkan UMK ditetapkan oleh gubernur  atas rekomendasi Dewan Pengupahan Provinsi dan rekomendasi walikota/bupati. Angka UMP akan selalu lebih rendah dari UMK.

UMK berfungsi sebagai batas minimum pemberian upah untuk pekerja/karyawan yang mempunyai masa kerja belum satu tahun dan masih lajang. Pekerja yang sudah di atas satu tahun tentu tidak lagi menerima upah minimal sama dengan UMK, tetapi sudah di atas UMK.

Sementara UMP digunakan oleh kota/kabupaten yang belum bisa menetapkan standar UMK atau belum ada dewan upah, sehingga UMP menjadi acuan untuk pemberian upah kepada pekerja/karyawan yang berada di daerahnya.

Kenapa angka UMP/UMK disetiap daerah berbeda? Karena biaya hidup di setiap daerah berbeda yang disebabkan oleh beberapa faktor dan variabel. Seperti kepadatan penduduk, daya jual beli, kedua hal tersebut mempengaruhi besar kecilnya biaya hisup pada suatu daerah.

Baca Juga: Daftar UMP 2018 di Seluruh Indonesia

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Perbedaan UMR UMK dan UMP, mudah mudahan bisa memberikan pencerahan bagi kalian para pekerja terkhusus yang sedang mencari pekerjaan atau baru masuk pada ranah pekerjaan dan masih belum paham betul mengenai Upah Minimum.

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan konten artikel

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *