Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup - Bank Cara: Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup

Wednesday, July 18, 2018

Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup

Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup
Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup - Bankcara.com

Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup - Bulan Juni, Juli dan Agustus kerap kali menjadi waktu fresh graduate atau lulusan baru untuk melamar pekerjaan baik itu di melamar menjadi PNS atau melamar di swasta. Pada bulan-bulan tersebut biasanya siswa siswi lulusan SMA SMK atau mahasiswa yang libur panjang mencari pekerjaan atau magang.

Salahsatu dokumen yang harus disiapkan sebelum melamar pekerjaan yaitu CV (Curriculum Vitae) atau bisa juga Surat Riwaya Hidup. Banyak yang bertanya, Apa sih perbedaan antara CV dan Surat Riwayat Hidup?

Nah pada artikel ini saya akan mencoba  membahas Apa Perbedaan antara Surat Riwayat Hidup dan Curriculum Vitae atau CV.

Perbedaan CV dan Surat Riwayat Hidup

Sebenarnya surat riwayat hidup dan curriculum vitae sama saja, keduanya memiliki sama fungsi , yakni menyampaikan kepada perusahaan seputar pengalaman dan data rinci kita ,baik itu informasi sekolah, berat badan, tinggi badan dll. Ada juga yang bilang CV itu bahasa kerennya, sedangkang surat riwayat hidup adalah bahasa Indonesianya.

Tapi menurut saya pribadi, terdapat sedikit perbedaan dilihat dari spesifikasi fungsionalnya. Lalu dimana letak perbedaan antara surat riwayat hidup dan curiculum vitae (CV)? Yuk simak uraian di bawah ini.

1. Surat Riwayat Hidup

Surat Riwayat Hidup merupakan surat yang menceritakan identitas dan informasi singkat seputar diri kita. Sobat bisa mendapat Surat Riwayat Hidup dengan membelinya di tempat foto copy lalu mengisinya sesuai data pribadi atau sobat juga bisa membuatnya di microsoft word

Surat riwayat hidup juga biasanya selalu berpasangan dengan surat lamaran pekerjaan.

Perbedaan Surat Siwayat Hidup dengan CV, Curriculum Vitae atau CV biasa digunakan sebagai attacment resume singkat kita saat proses melamar kerja mengirim lamaran lewat email.

Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup
Contoh Surat Riwat Hidup yang Dibuat di MS Word

Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup
Contoh Surat Riwat Hidup yang Dibeli dari Foto Copy


2. Curriculum Vitae (CV)

Sedangkan curriculum vitae atau CV tidak perlu berpasangan dengan surat lamaran kerja juga tidak masalah. Karena CV sudah mewakilkan, zaman sekarang para lulusan sarjana lebih sering menggunakan CV dari pada cara lama yaitu kombinasi riwayat hidup+surat lamaran.

Dulu memang orang menggunakan Surat Lamaran Kerja dan Surat Riwayat Hidup untuk melamar pekerjaan pada suatu perusahaan. Tapi sekarang biasanya Perusahaan meminta mengisi form yang sudah disediakan dan selembar CV dalam bentuk hard atay soft copy.

Zaman sekarang orang sudah melakukan modernisasi yakni hanya menyisipkan CV saja. CV yang sudah di buat dengan komputer semenarik mungkin sehingga cukup untuk menggantikan peran surat lamaran dan riwayat hidup. Lalu menjadi halaman depan lamaran"

Kemudian di dalam CV tidak hanya Terbatas menceritakan pengalaman dan informasi diri saja seperti standar isian riwayat hidup. Tetapi sobat juga dapat lebih leluasa dengan menyantumkan skill, hobi, kemampuan bahasa asing, gambaran kerja sebelumnya dan lain sebagainya, kita juga dapat memodifikasi tampilan dengan sentuhan design dan kreatifitas, sehingga dapat menarik perhatian orang lain.

Demikian artikel mengenai Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Surat Riwayat Hidup, semoga coretan kecil ini dapat bermenfaat bagi sobat terkhusus sobat yang sedang proses melamar kerja atau mencari pekerjaan.

1 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan konten artikel

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *