Syarat dan Persiapan Sebelum Melamar Kerja di Bank - Bank Cara: Syarat dan Persiapan Sebelum Melamar Kerja di Bank

Thursday, November 8, 2018

Syarat dan Persiapan Sebelum Melamar Kerja di Bank

Syarat dan Persiapan Sebelum Melamar Kerja di Bank
Syarat dan Persiapan Sebelum Melamar Kerja di Bank
BANKCARA.COMSyarat dan Persiapan Sebelum Melamar Kerja di Bank, Bekerja di bank menjadi impian sebagian orang, banyak orang ingin melamar kerja di bank, dan bertanya-tanya kepada saya, apa saja syarat melamar kerja di bank? Dengan alasan kerja di bank terlihat mapan dan keren karena biasanya orang bank memiliki penampilan yang rapi dan berseka.

Selain itu pegawai di bank memiliki gaji yang cukup besar di atas UMR, dan banyak lagi alasan kenapa orang ingin sekali melamar kerja di bank salah satunya pegawai di bank berhak mendapat  asuransi kesehatan, asuransi keluarga dan lainnya. oleh karenanya banyak orang yang ingin menjadi pegawai bank.

Namun pekerjaan yang nyaman seperti di sebuah bank tentunya tidak akan mudah ditempati oleh sembarang orang, pasti ada syarat dan kriteria tersendiri yang harus dimiliki seseorang untuk dapat bekerja di sebuah bank. Hal ini dapat dilihat dari tahapan tes bank mulai dari tes akademik, tes non akademik hingga syarat fisik untuk menjadi pegawai bank.

Banyak yang bertanya kepada saya, Apa syarat kerja di bank? Syarat IPK untuk kerja di bank? Syarat Kerja di Bank BRI? Syarat Kerja di Bank BNI? dan masih banyak pertanyaan lainnya. Sebenarnya tidak ada perbedaan baik syarat untuk kerja di Bank BRI, syarat Kerja di Bank BCA atau syarat kerja di Bank Mandiri. Rata-rata semua bank memberikan persyaratan yang sama bagi pelamar.

Lalu apa saja syaratnya? Di bawah ini saya akan mencoba jelaskan syarat dan persiapan sebelum melamar di bank serta apa saja yang harus Anda ketahui seputar melamar kerja di bank. Simak selengkapnya.

Jika Anda tertarik untuk bekerja di bank maka mulai saat ini Anda harus melakukan persiapan untuk bekerja di bank, mulai dari mempersiapkan syarat berkas, fisik, mental hingga syarat akademik. Semua hal tersebut harus Anda persiapkan untuk melamar di bank.

Persyaratan Melamar Kerja di Bank

Apa saja persyaratan yang harus disiapkan untuk melamar kerja di bank? Yang perlu sobat catat minimal pendidikan untuk melamar sebagai karyan di bank adalah D3, D4 atau S1, sedangkan untuk melamar sebagai karyawan seperti office boy minimal yaitu pendidikan menengah.

Selain itu syarat wajib yang harus disiapkan untuk melamar kerja di bank adalah syarat berkas, seperti berkas ijazah, dokumen penting keluarga dan lain-lain. Oleh karenanya sobat harus jauh hari mempersiapkan berkas-berkas dan selalu menjaganya. Lalu apa saja syarat berkas untuk melamar di bank?

Dibawah ini beberapa berkas yang wajib disiapkan untuk penerimaan karyawan pada perusahaan perbankan yang diambil dari sampel Bank BRI:

  1. Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotocopy Ijazah D3/S1 yang sudah di legalisir
  3. Fotocopy Transkrip Nilai yang sudah di legalisir
  4. Fotocopy sertifikat akreditasi jurusan
  5. Surat keterangan berbadan sehat dan surat keterangan bebas narkoba
  6. Surat keterangan belum menikah
  7. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4, sebanyak 2 lembar 
  8. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6, sebanyak 5 lembar
  9. Foto postcard (seluruh badan) ukuran 3R, sebanyak 1 lembar
  10. Surat pernyataan bersedia di tempatkan di mana saja
  11. Surat pernyataan bersedia menyerahkan ijazah asli
  12. Surat pernyataan bersedia tidak menikah selama satu tahun
  13. Surat penyataan tidak memiliki keluarga sedarah di bersangkutan
  14. Fotocopy SKCK
  15. Fotocopy KTP
  16. Fotocopy Akta kelahiran yang sudah di sah kan
  17. Fotocopy KK yang sudah di sah kan;
  18. Fotocopy Sertifikat atau pelatihan (jika ada)
  19. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Rata-rata semua bank di Indonesia mewajibkan pelamar untuk mempersiapkan berkas seperti yang dijelaskan di atas.

Yang Perlu Diketahu Sebelum Melamar Kerja di Bank

Syarat dan Persiapan Sebelum Melamar Kerja di Bank

Nah buat Anda yang ingin lolos tahap seleksi di bank, dapat mengetahui apasaja yang akan dilalui ketika melamar kerja di bank dan mempersiapkan beberapa hal dibawah ini, lalu apa saja hal yang harus disiapkan untuk dapat bekerja di bank? Yuk langsung simak saja dibawah ini.

1. Ijazah dan Kemampuan Akademik

Ada beberapa tahapan seleksi untuk dapat bekerja di bank dan tahapan pertama adalah seleksi administrasi. Profesi pegawai bank sampai saat ini masih menjadi primadona karena saking banyaknya orang yang ingin bekerja di bagian keuangan ini, namun banyak pula yang harus mengurungkan niatnya karena terhalang syarat pendidikan minimal.

Perlu Anda tahu bahwa syarat menjadi pegawai bank yang pertama adalah bahwa pelamar harus memiliki ijazah S1 dari segala jurusan kecuali kedokteran dan keperawatan. Jadi jika Anda ingin masuk sebagai pegawai bank maka ijazah S1 menjadi hal wajib yang harus Anda miliki terlebih dahulu.

Setelah Anda sudah memiliki ijazah S1 maka Anda juga harus dapat membuktikannya bahwa ijazah S1 tersebut merupakan milk Anda, cara membuktikannya adalah dengan seleksi akademik. Tes akademik pada sebuah bank biasanya terdiri dari hitungan, bahas , hafalan dan penyesuaian gambar, Anda harus banyak berlatih untuk dapat lolos pada tahap ini.

2 Menguasai Materi Perbankan

Perlu Anda tahu bahwa materi perbankan itu lumayan rumit karena harus terdapat banyak materi hitungan dan materi ekonomi, harus memahami produk perbankan seperti deposito, kredit, debit dan lain lain, semua hal tersebut merupakan aspek yang harus dikuasai untuk menjadi pegawai bank. Dan pastikan Anda harus belajar untuk dapat menguasainya.

Kenapa harus paham dan menguasai materi perbankan? Karena produk perbankan akan menjadi salahsatu materi seleksi yang diujikan. Anda juga harus menguasai materi BI agar dapat terbantu ketika mengerjakan soal ujian, hal ini juga berlaku ketika Anda masuk melalui jalur Officer Development Program atau ODP Bank.

3 Psikotes dan Wawancara

Tes psikotes dan wawancara kerja adalah tahapan wajib yang harus ada dalam proses rekrutmen karyawan. Salah satu syarat menjadi pegawai bank swasta maupun syarat menjadi pegawai bank syariah adalah lolos di tahapan psikotes dan wawancara kerja. Anda harus sering belajar tentang tips lolos psikotes dan tips lolos wawancara kerja jika ingin bisa melanjutkan tahap seleksi berkarir di sebuah bank. Biasanya untuk psikotes dan wawancara kerja tidak jauh berbeda dengan apa yang diujikan pada umumnya, Anda akan diminta mengerjakan beberapa soal psikotes dan juga mendapatkan pertanyaan seputar alasan mengapa ingin menjadi seorang pegawai bank.

4 Tes Kesehatan dan Fisik

Pada umumnya bank memiliki syarat fisik yang sama dan harus dipenuhi oleh setiap pelamar yaitu tinggi badan minimal untuk wanita 155 cm dan untuk pria 165 cm. Selain itu Anda juga dilarang keras memiliki riwayat penyakit kronis atau sedang mengidap penyakit kronis.

Selain itu akan dilakukan test kesehata, medikal checkup, tes urin (siapkan SKBN) dan tes fisik lainnya, oleh karenya selalu jaga kesehatan Anda sebelum melamar di bank.

5 Tes MMPI (Psikometri)

MMPI merupakan singkatan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory atau di Indonesia disebut dengan tes psikometri. Tes psikometri ini meliputi tes kepribadian dan psikopatologi seorang pelamar kerja yang ingin bekerja di bank. Intinya dalam tes ini pihak bank hanya ingin mengetahui kondisi mental Anda apakah layak atau tidak untuk dapat bekerja di sebuah bank.

Dari tes ini pihak bank bisa mengklasifikasi pelamar, apakah masuk teller bank, customer service bank atau bahkan sebagai officer. Anda bisa berlatih menghadapi tes psikometri ini dengan mengerjakan soal online yang tersedia di internet. Jika Anda lolos pada tahapan tes seleksi ini maka Anda akan sampai ditahap wawancara akhir biasanya ini bersifat offering dimana Anda akan diterangkan mengenai hak dan kewajiban ketika menjadi pegawai bank.

Demikian penjelasan mengenai Syarat dan Persiapan Sebelum Melamar Kerja di Bank yang kami ulas khusus untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan di bank. Apabila Anda sudah mencapai tahap akhir maka bisa dipastikan Anda telah sukses untuk dapat bekerja di bank.

Besarnya gaji pegawai bank bisa dikatakan standar jika dibandingkan dengan bekerja disebuah perusahaan BUMN atau swasta, namun ada keistimewaanya ketika Anda bekerja di bank seperti tempat bekerja yang nyaman dan uang tunjangan yang besar.

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan konten artikel

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *